Maulidya Yoan Weblog

Personal blog sharing about lifestyle

Resep Minuman Tradisional Bajigur Dan Bandrek Hangat Sedap Nikmat

Minuman Tradisional bajigur dan bandrek yaitu minuman tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Bahan dasar untuk membikin kedua minuman itupun ada kesamaan merupakan gula merah dan jahe, bedanya jikalau bajigur memakai santan dan kopi hitam untuk membuatnya, meski pada bandrek lebih jernih. Bajigur dan bandrek ialah minuman yang memiliki banyak manfaat sebab menerapkan rempah berupa jahe untuk menambah kenikmatan rasanya. Manfaat pada jahe betul-betul luar umum, didalamnya terkandung senyawa yang cakap mencegah penggumpalan darah. Untuk kaum hawa yang bermasalah dengan berat badan dan perut buncit jahe juga dapat menjadi solusi untuk menyelesaikannya sebab jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah dan mempecepat pembakaran kalori.

Sensasi hangat dari jahe membikin bajigur dan bandrek betul-betul sesuai diminum saat cuaca dingin. Dizaman yang serba instan ini, untuk dapat merasakan bajigur dan bandrek bukan hal yang susah, sebab kedua minuman tradisional hal yang demikian telah banyak dipasarkan dalam wujud instan. Namun soal kenikmatan dan kepuasan rasanya terang beda, membikin sendiri bajigur dan bandrek dirumah terang lebih mantap!. Jikalau demikian itu aku akan membagi resep minuman tradisional bajigur dan bandrek untuk anda. Selengkapnya kunjungi AnekaResep24 atau baca dibawah ini.

 

1. Resep Bajigur

Bahan-bahan :
1 ½ liter santan dari 1 butir kelapa
1 sdt kopi bubuk
100 gram jahe, bakar dan memarkan
200 gram gula merah, disisir halus
3 sdm gula pasir
½ sdt garam
¼ sdt vanili bubuk
2 lembar daun pandan, diwujudkan simpul
4 cm kayu manis

Metode membikin :
Rebus santan bersama gula merah yang telah disisir halus, gula pasir, jahe, kopi bubuk, garam, vanili bubuk, daun pandan dan kayu manis.
Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga harum dan mendidih. Angkat dan saring. Sajikan

 

2. Resep Bandrek

Bahan-bahan :
1 liter air
100 gram jahe, bakar dan memarkan
200 gram gula merah, disisir halus
2 lembar daun pandan, diwujudkan simpul
4 cm kayu manis
4 butir cengkeh kering
½ sdt garam

Bahan komplementer :
Serutan kelapa muda
Kolang-kaling, potong-potong, rebus

Metode membikin :
Rebus air, masukkan jahe, gula merah , daun pandan, kayu manis, cengkeh dan garam. Masak sampai mendidih harum.
Seandainya matang angkat dan saring air bandrek.
Sesudah itu tuang ke dalam cangkir dan tambahkan serutan kelapa dan kolang-kaling.
Sajikan selagi hangat.

Nah! itu tata sistem dan resep membikin minuman tradisional bajigur dan bandrek yang dapat anda buat sendiri dirumah. Minuman hangat ini akan kian mantap kalau dihidangkan bersama gorengan atau kacang rebus, apalagi dirasakan rame-rame bersama keluarga. Ada juga Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur yang dapat anda coba dan pasti nikmat. Selamat mencoba dan terima beri.